Cakupan Vaksinasi Kelurahan Kebon Kosong Tembus 80 Persen Lebih

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Vaksinasi Covid-19 di Kelurahan Kebon Kosong. Foto: pusat.jakarta.go.id

Cakupan vaksinasi Covid-19 di wilayah Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat sudah mencapai 80,14%.

Angka tersebut berdasarkan website corona.jakarta.go.id pertanggal 17 November 2021.

Lurah Kebon Kosong Alfalast Susetyo Dewanto mengatakan, keberhasilan dalam capaian vaksinasi di wilayahnya berkat kerja keras para petugas yang terus melakukan sosialisasi dan mengedukasi serta mengundang warga untuk menjalani vaksin.

"Undangan by name dan by address, secara berulang-ulang. Selain itu, juga kita selalu berkolaborasi dengan jajaran tiga pilar serta semua elemen masyarakat. Berbagai strategi kami lakukan untuk capaian vaksinasi, baik itu melalui edukasi, undangan serta mendekatkan sentra layanan vaksinasi ke warga," kata Alfalast saat dikonfirmasi, Kamis (18/11).

Lebih lanjut Alfalast menuturkan, meski capaian vaksinasi Covid-19 sudah 80% lebih, pihaknya akan terus melaksanakan layanan vaksinasi, yang hanya berada di satu tempat saja mengingat keterbatasan personil Puskesmas Kelurahan.

"Kita akan terus gelar layanan vaksinasi, namun hanya satu tempat yaitu di halaman kantor kelurahan, karena keterbatasan tenaga medis Puskesmas Kelurahan," ucap Alfalast.

Alfalast menambahkan, capaian vaksinasi pertanggal 17 November 2021 di wilayah Kelurahan Kebon Kosong sudah mencapai 80,14% atau 24.056 orang dari target sasaran 30.019 orang.

"Sisanya 5.963 orang belum tervaksin karena kondisi kesehatannya, warga yang sudah pindah, warga yang tinggal di luar DKI, warga yang sudah meninggal, dan lain sebagainya," jelas Alfalast. 

Dia juga berharap, dengan tersentralisasinya lokasi layanan vaksinasi Covid-19 dengan begitu herd immunity dapat tercapai di wilayah Kelurahan Kebon Kosong.