Dhany Sukma: Proses Pembelajaran Tidak Hanya di Dalam Kelas

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat menerima audiensi dengan PMII. Foto: Shab

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) Dhany Sukma mengungkapkan bahwa proses pembelajaran tidak hanya di dalam kelas, tetapi juga bisa dilakukan di luar kelas.

Hal ini diungkapkannya, saat menerima audiensi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat Jalan Tanah Abang I Gambir, Rabu (5/5).

Menurutnya, proses pembelajaran di luar kelas melalui praktek langsung terjun ke masyarakat dapat membentuk karakter mahasiswa, berfikir kritis dalam menganalisa suatu persoalan, serta mampu beradaptasi dengan lingkungan sosial.

“Jadi jangan pernah merasa tidak pintar di dalam kelas, yang penting kita mampu bersosialisasi di masyarakat. Di kelas pinter tapi nggak bisa bersosialisasi juga tidak baik. Mahasiswa harus mampu menangkap fenomena sosial bukan hanya hitam putih tapi juga warna-warni,” ungkapnya.

Dhany mengatakan, pembelajaran di kampus lebih pada kognitif sementara mahasiswa membutuhkan pembelajaran psikomotorik dan sensoris yang hanya bisa didapatkan melalui pegalaman berorganisasi maupun kegiatan pembelajaran di luar kelas. Mahasiswa perlu menstimulus potensi yang ada dengan kemampuan analisa kritis.

“Peran dari mahasiswa adalah kemampuan menganalisa secara kritis semua fenomena yang ada di masyarakat. Membangun kepedulian mahasiswa terhadap fenomena yang ada. Siapa yang mau bangun lagi negara ini, jika tidak ada kepedulian mahasiswa,” tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/NEL