Distamhut Lakukan Pemangkasan dan Pengecekan Pohon Secara Serentak

Reporter: Iman | Editor: Andreas Pamakayo

Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) Provinsi DKI Jakarta melakukan kegiatan pemangkasan dan pengecekan kondisi kesehatan pohon. Foto: Malik Maulana

Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) Provinsi DKI Jakarta melakukan kegiatan pemangkasan dan pengecekan kondisi kesehatan pohon secara serentak. Kegiatan ini dipusatkan di kawasan Lapangan Banteng, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Sabtu (18/12).

Kegiatan diawali dengan apel yang dipimpin langsung Kepala Distamhut DKI Jakarta Suzi Marsitawati didampingi Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota (Tamhut) Administrasi Jakarta Pusat, Mila Ananda. 

Suzi menyatakan, kegiatan yang dilaksanakan secara serentak ini dilakukan untuk mengantisipasi pohon tumbang seiring datangnya musim penghujan dan angin kencang.

"Kegiatan ini adalah untuk melakukan pemangkasan dan perampingan pohon secara serentak. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi pohon tumbang akibat hujan dan angin kencang,” ujarnya.

Suzi menambahkan, pada kegiatan ini pihaknya juga melakukan pengecekan kesehatan terhadap pohon-pohon yang sakit dan keropos.

“Kami juga melakukan pengecekan terhadap pohon-pohon yang sakit dan keropos. Apabila kita temukan pohon yang keropos langsung kita eksekusi, terutama pada daerah di wilayah protokol dan juga taman-taman yang ada aktivitas masyarakat,” lanjutnya.

Pada kegiatan ini, Distamhut mengerahkan sekitar 455 orang petugas. Peralatan dan prasarana yang digunakan adalah 12 mobil unit tangga, 5 unit mobil crane, 73 unit dump truck, 15 unit mobil pick up, dan mesin potong 171 unit.

Pada kesempatan yang sama, Kasudin Tamhut Administrasi Jakarta Pusat Mila Ananda menyatakan, untuk wilayah Jakarta Pusat ada 12 titik yang akan dilaksanakan pemangkasan dan pengecekan secara serentak.

"Jakarta Pusat ada 12 titik, yang menjadi kewenangan kami (Sudin) ada delapan titik sisanya kewenangan Dinas. Ada 70 personel yang menangani kegiatan ini, jadi di tiap kecamatan ada wilayah yang ditunjuk untuk melakukan kegiatan pemangkasan pohon bersama ini,” ujarnya.

Mila juga beharap kegiatan ini akan mengurangi kekhawatiran masyarakat akan adanya ancaman pohon rawan tumbang, terutama dengan datangnya musim penghujan.

"Harapannya (kegiatan) ini akan meminimalisir rasa khawatir di masyarakat akan adanya pohon tumbang terutama dengan datangnya musim penghujan," pungkasnya.