Enam Kecamatan di Jakpus Jadi Lokasi 1.000 Vaksinasi

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, ada enam kecamatan yang akan dijadikan lokasi penyelenggaraan 1.000 vaksinasi berkerja sama dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta dan Kejaksaan Negeri (Kejari).

Dhany menerangkan, kegiatan 1.000 vaksinasi ini akan dilakukan pada Kamis (9/12) mendatang. Pelaksanaan vaksinasi ini akan diadakan di enam kecamatan di antaranya, Kecamatan Tanah Abang yang akan dilakukan di RPTRA Intiland Teduh, Kecamatan Senen dilaksanakan di Kantor Kelurahan Kramat dan Kantor Lurah Kwitang, Kecamatan Menteng diadakan di Kantor Kelurahan Menteng, Kecamatan Johar Baru dilakukan di GOR Johar Baru, Kecamatan Kemayoran di RPTRA Harapan Mulya, serta Kecamatan Gambir di RPTRA Flamboyan, RW 07 Petojo Selatan, dan di kawasan Duri Pulo.

“Vaksinasi ini akan dilakukan pada malam hari, mulai dari pukul 18.30 WIB. Hanya satu hari saja tanggal (9/12) secara serentak di enam kecamatan tersebut,” ungkapnya usai melakukan koordinasi persiapan vaksinasi massal, di Ruang Rapat Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (6/12).

Baca Juga: 

Pemkot Jakpus Kolaborasi dengan Kejati Kejari Akan Gelar Seribu Vaksinasi Covid-19

Dhany mengatakan, tujuan dilakukannya 1.000 vaksinasi ini dalam rangka pemenuhan layanan vaksinasi bagi warga Jakarta Pusat yang belum divaksin.

Ia menambahkan, saat ini layanan vaksinasi yang dekat dengan akses warga belum divaksin jauh lebih efektif dibanding membuat sentra vaksinasi besar di satu titik.

“Warga lebih senang lokasi vaksinasi didekatkan dengan lingkungan masyarakat dibanding tersentral di lokasi besar,” jelasnya.

Dalam vaksin tersebut, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat juga menginstruksikan jajaran lurah dan camat untuk membentuk tim edukasi yang akan mengedukasi atau memberikan informasi kepada warga sebelum melakukan vaksinasi.

"Selain itu, warga yang melakukan vaksinasi juga akan mendapatkan paket sembako," pungkasnya.