Final MTQ Jakpus Terapkan Prokes Ketat

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Rapat koordinasi persiapan MTQ Tingkat Kota, di Ruang Rapat Walikota setempat, Jumat (29/10). Foto: H. A. Daelani

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat akan melaksanakan final Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

"Final MTQ Tingkat Kota Adminstrasi Jakarta Pusat akan dilaksanankan secara tatap muka dengan menerapkan prokes secara ketat. Final MTQ akan dilaksanakan pada tanggal 4 November 2021, sebelumnya telah dilaksanakan seleksi kepada peserta MTQ secara online melalui zoom meeting yang berlangsung sejak tanggal 1 sampai 20 Oktober 2021 lalu," jelas Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Administrasi Jakarta Pusat Haikal Shodri didampingi Kasubag Dikmental Bud Jakarta Pusat, Rama Permana Bahri saat memimpin rapat koordinasi persiapan MTQ Tingkat Kota, di Ruang Rapat Walikota setempat, Jumat (29/10).

Haikal menuturkan dari 225 peserta MTQ yang terdaftar, sebanyak 37 peserta berhak mengikuti Final MTQ Tingkat Kota Administrasi Jakarta Pusat yang akan digelar di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat pada 4 November 2021 mendatang.

Dalam Final MTQ tersebut, lanjut Haikal, peserta maupun pendamping harus disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak). Selain itu, akan dilakukan pemeriksaan suhu badan.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Jakarta Pusat Muhaimin menerangkan, pada STQ Tingkat Nasional di Provinsi Maluku Utara, Provinsi DKI Jakarta berhasil menjadi Juara Umum.

"Dalam kegiatan tersebut utusan dari Wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat memperoleh hasil yang membanggakan yakni Juara I Tilawah anak putra (Achmad Istbat Ramadhan), Juara I Tahfidh 1 juz + Tilawah Putra (Mahesa Raditya), dan juara l Tafsir Bahasa Arab Putri (Jihan Afifah).

Lebih lanjut, Muhaimin mengatakan MTQ tahun ini tidak memperebutkan juara umum kecamatan. "Peserta Juara l MTQ Tingkat Kota Administrasi Jakarta Pusat secara otomatis akan ikut serta dalam program Training Center (TC) menjadi duta Jakarta Pusat pada MTQ Tingkat Provinsi DKI Jakarta yang akan di gelar pada tanggal 4 sampai 8 Desember 2021 mendatang, di Kantor Pemkot Jakarta Utara," tandasnya.