Gerebek Lumpur di Kelurahan Kebon Melati, Sekko: Pastikan Saluran Air Lancar

Reporter: Shabrina Saraswati | Editor: Andreas Pamakayo

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin meninjau gerebek lumpur di RW 05 dan 06 Kelurahan Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang, Minggu (21/11). Foto: Annisa Qurrotul Aini

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin bersama jajaran terkait melakukan monitoring langsung kegiatan gerebek lumpur di RW 05 dan 06 Kelurahan Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang, Minggu (21/11).

Gerebek lumpur ini merupakan kegiatan rutin dalam upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat  mengantisipasi genangan.

Iqbal dalam tinjauannya mengatakan, konsentrasi utama kegiatan gerebek lumpur ini adalah memastikan bahwa saluran air lancar. Selain pengecekan saluran air, juga dilakukan pemangkasan pohon rawan tumbang dan pengangkatan batu sedimen.

"Tadi kita lihat sudah melakukan pengerukan, pemangkasan pohon, juga pengangkatan sedimen," katanya.

Mengingat curah hujan yang cukup tinggi, lanjut Iqbal, BMKG juga telah memprediksi hal ini akan terus berlanjut dan puncaknya diperkirakan pada bulan Januari-Februari 2022. Maka dari itu, penting sekali memperhatikan saluran air yang berada di lingkungan warga.

"Kita akan terus memastikan saluran air berjalan lancar bahkan sampai ke saluran-saluran lingkungan sekecil apapun," ucapnya.

Iqbal juga berharap, setelah dilakukan kegiatan gerebek lumpur ini warga setempat tetap menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan. Untuk itu, perlu adanya kolaborasi dengan warga dan SDA, PPSU, Satpol PP atau instansi lainnya.

"Kita juga akan terus melakukan kolaborasi dengan warga setempat untuk menjaga lingkungan ini tetap bersih," tutupnya.