Gerebek Lumpur Sisir Saluran Penghubung di Pasar Karang Anyar

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi meninjau pelaksanaan gerebek lumpur di RW 02 dan 05 Pasar Karang Anyar. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Banjir merupakan momok yang selalu menghantui ketika memasuki musim penghujan.

Segala upaya dilakukan untuk mengindari terjadinya banjir di DKI Jakarta, dari mulai program gerebek lumpur di kali-kali besar hingga pengerukan lumpur di saluran penghubung.

Pagi tadi, Minggu (28/11), dipimpin Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi bersama perangkat Kecamatan Sawah Besar dan Kelurahan Karang Anyar bergerak menyusuri aliran saluran penghubung yang berada di RW 02 dan 05 Pasar Karang Anyar.

Kurang lebih ada sekitar 120 petugas yang berasal dari PPSU Kelurahan Karang Anyar, Satpel SDA, Bina Marga dan Pertamanan Kecamatan Sawah Besar dilibatkan dalam kegiatan ini.

Irwandi meminta agar dilakukan pembersihan saluran tiap minggu, guna meminimalisir terjadinya genangan.

“Tadi saya minta kepada dewan kota untuk dikoordinasikan dengan RW agar dijaga lingkungan pasar ini, pedagang diimbau untuk tidak berjualan di atas saluran air dan membuang sampah tidak disembarang tempat,” ujar Irwandi.

Lanjut Irwandi, kegiatan ekonomi di pasar harus terus berjalan namun juga para pedangan harus ikut andil dalam menjaga lingkungan pasar ini.

“Jadi jangan sampai terjadi banjir karena ada pasar, sampah juga dikelola, jangan sampai ada penumpukan yang menimbulkan bau tidak sedap,” katanya.