Gubernur DKI Sebut Siswa Lebih Senang Belajar di Kelas

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Farandy Purba

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut siswa-siswi di Jakarta lebih merasa nyaman untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas selama pandemi.

Hal tersebut diungkapkannya usai mendampingi Wakil Presiden (Wapres) RI Maaruf Amin saat meninjau proses pembelajaran tatap muka (PTM) di SMKN 19, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Rabu (8/9).

"Tadi Pak Wapres hadir menyaksikan tiga sekolah dan beliau melihat dekat bagaimana efektivitas proses pembelajaran. Anak-anak juga bercerita pengalamannya, mayoritas bisa dikatakan hampir semua mengatakan lebih senang belajar di kelas daripada belajar dari rumah," ujar Anies didampingi Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma.

Dari 610 sekolah yang telah melakukan pembelajaran tatap muka, Anies melihat sejauh ini prosesnya sudah berjalan dengan baik. Meskipun dirinya mengakui masih ada beberapa sekolah yang kurang mematuhi protokol kesehatan.

"Kita lakukan pendisiplinan dan sekolah yang mengikuti PTM (pertemuan tatap muka) ini telah melewati asesmen dua kali, asesmen infrastuktur dan asesmen persiapan SDM baru mereka bisa ikut," lanjut  Anies.

Dirinya pun berharap sekolah-sekolah tersebut bisa mentaati protokol kesehatan dengan baik, sehingga dari hasil evaluasi ke depannya dapat memperbanyak pembukaan sekolah-sekolah berikutnya. "Mudah-mudahan lebih banyak lagi yang bisa ikut," pungkasnya.