Gunakan Hand Sanitizer Sebelum dan Sesudah Melakukan Transaksi di ATM

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi. Foto: dok pusat.jakarta.go.id

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi meminta bank menyiapkan hand sanitizer di tiap tempat anjungan tunai mandiri (ATM).

Menurutnya, tempat ATM menjadi salah satu lokasi yang rentan penyebaran Covid-19. Apalagi tombol-tombol yang ada pada ATM yang digunakan semua orang. Sehingga, pihak bank perlu menyiapkan hand sanitizer pada lokasi-lokasi ATM yang ada di wilayah Jakarta Pusat.

“Kita minta pihak bank sediakan hand sanitizer di ATM. Harus diperhatikan sterilisasi ATM, harus ada perawatannya jangan cuma isi uang saja, tapi juga diperhatikan protokol kesehatan di dalam ATM,” ungkapnya, saat ditemui di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (2/7).

Selain itu, lanjut Irwandi, pihak bank juga perlu memasang instruksi tata cara menggunakan ATM selama pandemi Covid-19. Di mana nantinya warga yang melakukan transaksi di ATM bisa tertib menerapkan protokol kesehatan (prokes). Guna mencegah penularan Covid melalui ATM.

“Jadi nanti diberikan instruksi bagaimana sebelum dan sesudah tangan harus mengunakan hand sanitizer. Kadangkan warga lupa buru-buru masuk ATM, mengabaikan prokes,” pungkasnya.