Ibu Ibukota Awards, Wali Kota: Bergeraklah Dalam Sunyi Tapi Berdampak Pada Lingkungannya

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menerima empat ibu-ibu hebat. Foto: Malik Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma didampingi Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat M Fahmi, dan Ketua TP-PKK Jakarta Pusat Ucu Jamilah menerima kehadiran empat orang tamu istimewa.

Keempatnya adalah Erti Sumoni, Nurmayasari, Setianingsih, dan Ayi Sumirah, diterima di Ruang Rapat Walikota Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (25/8).

Empat ibu-ibu hebat ini adalah penggerak pemberdayaan di lingkungannya yang diusulkan untuk mengikuti Ibu Ibukota Awards 2021. Dua di antaranya, terpilih sebagai kandidat penerima penghargaan Ibu Ibukota yaitu, Ibu Setianingsih (dari RW 06 Kelurahan Galur) dan Ibu Ayi Sumirah (dari RW 01, Kelurahan Rawasari).

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma sangat mengapresiasi terhadap apa yang sudah para ibu ini lakukan. 

Dhany juga berharap keempat orang ini menjadi contoh bagi perempuan-perempuan lain di Jakarta Pusat untuk lebih berdaya dan memberi dampak pada lingkungan.

“Jadi kita ingin ke depannya itu banyak orang-orang yang peduli, orang-orang yang bergerak dalam sunyi, bergerak dalam keheningan tapi berdampak pada lingkungannya," ujar Dhany.

Menurutnya, program apresiasi ini, kriteria utamanya ialah memiliki aktivitas sosial yang tinggi, nyata, bermanfaat, dan berdampak bagi lingkungannya. Kemudian terbagi menjadi beberapa bidang di antaranya, bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi kreatif, sosial, dan pemberdayaan masyarakat.

"Dua kandidat yang mewakili wilayah Jakarta Pusat masuk pada aspek pemberdayaan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bersih. Serta yang banyak bergerak di bidang pendidikan atau literasi bagi peserta didik yang berkebutuhan khusus," pungkasnya.