Ini Arahan Plh Wali Kota Tangani Banjir

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Rapat pimpinan dilakukan secara daring. Foto: Rif

Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) Irwandi memberikan beberapa arahan bagi para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait pencegahan banjir di tiap wilayah.

Menurutnya, wilayah yang menjadi kampung siaga perlu memperhatikan beberapa hal diantaranya, standart Key Performance Indicator (KPI) penanganan banjir.

"Dalam KPI tersebut tidak boleh ada genangan di wilayah Jakpus lebih dari enam jam, tidak boleh ada korban, serta tidak boleh ada genangan jalur-jalur prioritas nasional," kata Irwandi saat Rapat Pimpinan Penanganan Banjir dan Kampung Siaga secara daring, di Ruang Rapat Wakil Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Rabu (27/1). Rapat ini diikuti oleh Para Kepala SKPD, camat dan lurah di wilayah Jakarta Pusat dari tempat masing-masing.

"Jadi SKPD perlu tahu standart penenganan genangan harus sesuai dengan KPI ini, " tegasnya.

Selain itu, Irwandi juga mengarahkan agar kecamatan, kelurahan, serta Sudin Sosial menyiapkan lokasi pengungsian yang sesuai dengan protokol kesehatan.

Ia juga meminta agar pengoperasian operator amphibi di wilayah ditambah jam operasionalnya. Serta pengaturan pompa baik pompa di bawah Sudin Sumber Daya Air (SDA) maupun Sudin Bina Marga.

"Jadi pompa-pompa yang ada dicek diatur lagi manajennya. Kita akan monitor terus dan dalam beberapa hari ke depan saya akan cek pompa SDA, " tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/NEL