Inilah Tiga Wisata Urban di Wilayah Jakarta Pusat

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi mengharapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta segera mempersiapkan kawasan wisata urban (pariwisata di kota atau perkotaan).

Menurutnya, hal ini dilakukan untuk mempercepat proses peningkatan ekonomi pariwisata pasca-pandemi Covid-19. Sehingga, ke depannya kawasan yang ditentukan sebagai destinasi urban sudah bisa berjalan.

“Jadi kita minta persiapannya justru kalau bisa lagi pandemi ini dipersiapkan, begitu pasca-pandemi langsung bisa lari,” ungkapnya usai menghadiri rapat koordinasi pengembangan kawasan perkotaan, di Ruang Rapat Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (6/8).

Irwandi menjelaskan bahwa di wilayah Jakarta Pusat ada tiga kawasan wisata urban yakni, kawasan Monas, Cikini-Raden Saleh, dan Pasar Baru. Dalam proses penataan kawasan wisata urban berbagai UKPD akan terlibat seperti, Dinas Parekraf melalui Sudin Parekraf, Dinas Perhubungan melalui Sudin Perhubungan.

Selain itu, menurutnya, Gubernur DKI Jakarta juga tengah menyoroti paket destinasi vaksinasi untuk kawasan Monas. Sehingga ke depannya diharapkan Sudin Parekraf bisa mempersiapkan pengembangan wisata vaksin ini.

“Jadi di masa pandemik ini orang dari daerah bisa ikut paket wisata vaksin yang di dalamnya ada paket wisata Monas, Cikini, dan wisata kuliner,” jelasnya.

“Wisata ini yang akan mendorong roda perekonomian. Kalau wisata berjalan, kuliner berjalan, ekonomi bisa bergerak,” tandasnya.