Jelang Momen Akhir Tahun, Wali Kota Imbau Warga Tetap di Rumah

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma. Foto: pusat.jakarta.go.id

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berada di rumah dan mengurangi aktivitas bepergian saat momen akhir tahun.

Hal tersebut menurut Dhany, untuk mencegah terjadinya gelombang Covid-19 berikutnya.

"Biasanya di akhir tahun itu akan banyak aktivitas liburan tapi sekarang sudah ditiadakan cuti bersama, harapannya tempat yang terbaik adalah di rumah. Jadi lakukan aktivitas di rumah kalau memang tidak perlu untuk kita berpergian lebih baik tidak usah berpergian," ucap Dhany dalam kegiatan penyaluran bantuan untuk anak yatim atau piatu korban Covid-19 di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (22/11).

Dhany mengungkapkan, yang dikhawatirkan apabila terjadi gelombang Covid-19 adalah kapasitas rumah sakit yang tidak seimbang dengan kasus yang terjadi.

"Ini yang kemarin itu kita khawatirkan, kenapa. Karena jumlah kasus yang besar daya tampung rumah sakit terbatas akhirnya banyak yang melakukan isolasi mandiri di rumah. Ketika menjalani isolasi mandiri di rumah tidak terpantau kesehatannya yang pada akhirnya terlambat untuk dilakukan pertolongan," lanjut Dhany menegaskan.

Mantan Camat Cilandak ini juga meminta agar apa yang pernah terjadi sebelumnya dapat dijadikan pembelajaran dan tidak menganggap sepele ketika ada sebuah wabah yang melanda.

"Meskipun kasus kita sekarang ini turun berkisar antara 40 sampai 60 kasus di Jakarta Pusat, tetap ikhtiar kita lakukan dengan tetap menggunakan masker kemudian atur jaga jaraknya, tetap mencuci tangan, kurangi mobilitas, dan juga jauhi kerumunan," tutupnya.