Kabag Administrasi Pembangunan Setda Kota Bandung Belajar Penataan Lingkungan ke Pemkot Jakpus

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting menerima kunjungan kerja Kabag Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bandung. Foto: Lailatul Farha PKL

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menerima kunjungan kerja Kabag Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bandung dalam rangka mempelajari penataan lingkungan.

Rombongan yang berjumlah empat orang tersebut dipimpin Kasubag Penyusunan Program Bagian Administrasi Pembangunan Kota Bandung Elfi Efrini AS yang diterima langsung Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting, di Ruang Saber Pungli, Lantai 2 Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (24/11).

Kasubag Penyusunan Program Bagian Administrasi Pembangunan Kota Bandung Elfi Efrini AS menuturkan, kedatangannya ingin belajar dan mengetahui perbandingan tupoksi terkait dengan penataan kota dan pembangunan infrastruktur khususnya dalam lingkup koordinasi, fasilitasi, dan juga singkronisasi pembangunan yang dilakukan di wilayah Jakarta Pusat.

"Kami ingin belajar penataaan kota di wilayah Jakarta Pusat, karena saya lihat banyak inovasi-inovasi pembangunan infrastruktur seperti pembangunan trotoar, pembuatan JPO, dan lain-lain. Di sini saya lihat semuanya sangat baik dan bagus," kata Elfi.

Dari hasil kunjungan kerja ini, lanjut Elfi, nantinya referensi yang didapatkan akan diterapkan di Kota Bandung.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting mengatakan, kebijakan umum tidak ada di tingkat kota, yang ada kebijakan operasional yang sifatnya monitoring, implementasi, dan pemantauan tugas-tugas teknis yang ada di Pemkot Administrasi Jakarta Pusat.

"Dalam penataan kota itu sendiri, kita mengacu pada Musrenbang atas usulan warga yang nantinya disingkronkan ke tingkat DKI. Dari hasil Musrenbang tersebut nanti digodok oleh gubernur dan DPRD," ucap Bakwan Ferizan Ginting didampingi Kabag Pembangunan dan Lingkungan Hidup (PLH) Martua Sitorus.