Kecamatan dan Koramil Senen Bantu Puskesmas Distribusikan Obat Gratis ke Rumah Warga Isoman

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Shendy Adam F

Bantuan obat kepada pasien Covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri di rumah. Foto: Aris PKL

Kecamatan Senen bersama dengan Koramil Senen mendistribusikan bantuan obat kepada pasien Covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri di rumah, di Jalan Kramat II Gg. Listrik 2 RT 7/RW 03, Kelurahan Kwitang, Kamis (15/7).

Salah satu warga Kelurahan Kwitang, Satuho Satrio (50) mengapresiasi gerak cepat tim Puskesmas dan TNI yang mendistribusikan obat-obatan bagi istrinya yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Semalam, kami sudah menerima hasil swab tes dari Puskesmas Kecamatan Senen menyatakan istri saya terkonfirmasi positif Covid-19. Keesokan hari kami sudah diantar paket obat-obatan untuk penyembuhan tanpa dipungut biaya sepeserpun," jelasnya.

Sementara itu, Camat Senen Ronny Jarpiko mengatakan, akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan bantuan kepada warga yang tengah menjalani isolasi mandiri.

"Seperti saat ini kami memberikan bantuan obat-obatan bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumahnya dibantu TNI dan Puskesmas Kecamatan Senen. Tapi harus dikonfirmasi dulu seperti apa kondisi pasien karena setiap kondisi pasien pasti berbeda-beda," katanya di lokasi.

Di tempat yang sama, Plt Danramil Senen Kapten Latoif mengungkapkan, pihaknya melakukan koordinasi termasuk dengan jajaran tim Puskemas Kecamatan untuk menyalurkan bantuan paket obat-obatan bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri.

"Setiap pagi, anggota TNI membawa data dari Puskesmas Kecamatan Senen untuk mengambil kebutuhan obat- obatan bagi pasien Covid 19 ke Kodam. Setelah diambil obat langsung dibawa ke rumah warga yang menjalani isolasi mandiri," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Senen, Lindawati memaparkan, bantuan obat pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri akan didistribusikan secara rutin setiap hari.

"Kami akan menyerahkan rekap hasil swab tes yang menyatakan pasien terpapar Covid-19 dilaporkan ke Danramil Senen untuk dilakukan pengambilan obat-obatan ke Kodam Jaya. Nantinya Babinsa bersama tim tenaga kesehatan puskesmas kelurahan akan mengantarkan paket obat obatan bagi pasien yang menjalani isolasi mandiri," jelasnya.

Penyaluran obat gratis bagi pasien Covid-19 yang menjalani isoman ini merupakan hasil kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dengan Kodam Jaya. Obat dan vitamin gratis ini diprioritaskan bagi warga dari tiga kategori, yaitu pasien tanpa gejala, warga tidak mampu dan warga yang tinggal di kawasan padat penduduk.