Kejar Terget Vaksinasi, Kelurahan Petamburan Gencarkan Informasi dan Sosialisasi

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Kelurahan Pertamburan gencarkan informasi dan sosialisasi vaksinasi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Hingga pertengahan Agustus 2021 vaksinasi di wilayah Kelurahan Petamburan, Tanah Abang Jakarta Pusat baru mencapai 50,34 persen.

Guna mengejar target capaian, Kelurahan Petamburan akan terus mengimbau serta memberikan sosialisasi warganya untuk melakukan vaksinasi.

Lurah Petamburan Setiyanto mengatakan, sesuai data vaksin Komite Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) jumlah sasaran vaksinasi untuk wilayah Kelurahan Petamburan yaitu 33.271 orang, yang sudah menjalani vaksin sebanyak 16.749 orang dan yang belum divaksin 16.522 orang. 

Sehingga posisi wilayah Petamburan sampai pertengan Agustus 2021 masih berada di zona merah vaksinasi.

“Untuk menjadikan Petamburan menjadi zona kuning, akan terus mengingatkan warganya untuk melakukan vaksinasi sesegera mungkin,” kata Setiyanto saat dikonfirmasi, Rabu (18/8).

Setiyanto menuturkan, pihaknya juga bekerja sama dengan pengurus RT, RW, Dasa Wisma, TNI, Polisi, LMK, FKDM untuk melakukan pendataan terhadap warga. Selain itu pemberian informasi agar segera melaksanakan vaksinasi di gerai yang telah tersedia.

“Masih ada warga yang belum bersedia divaksin karena beberapa alasan di antaranya, informasi hoax yang masih diyakini, kekhawatiran atas kesehatan dirinya, keyakinan spiritual atau agama, fobia jarum suntik, dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Padahal, lanjut Setiyanto, upaya mendekatkan sentra vaksin di pemukiman sudah dilakukan hampir di semua RW untuk menjangkau masyarakat sekitarnya.

“Kami tidak akan putus asa untuk mengajak warga melakukan vaksin, agar target yang ditentukan gubernur bisa tercapai, sehingga wilayahnya menjadi zona kuning,” tandasnya.