Kelurahan Benhil Salurkan 65 Paket Pangan Bersubsidi

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Sekretaris Kelurahan Benhil Errish Panggabean (kanan) menyerahkan paket pangan bersubsidi. Foto: Malik Maulana

Program Pangan Bersubsidi 2021 kembali didistribusikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Hal ini guna meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap pangan melalui peningkatan keterjangkauan ekonomi berupa subsidi pangan murah.

Kelurahan Bendungan Hilir (Benhil) merupakan salah satu wilayah penyalur paket pangan bersubsidi berlangsung, di RPTRA Komplek Keuangan sejak pagi hingga siang hari. Sebanyak 65 paket disalurkan untuk warga pemegang KJP, PJLP, penghuni rusunawa, difabel, dan lansia.

Sekretaris Kelurahan Benhil Errish Panggabean mengatakan, paket pangan subsidi yang disalurkan hari ini merupakan paket bagi mereka yang sudah melakukan pembayaran dua hari sebelumnya melalui mesin gesek Bank DKI.

"Ini pertama dimulai sejak awal pandemi Covid, di mana terakhir dilaksanakan tahun 2020 dibulan Maret, dan memang mereka yang megang KJP atau PJLP tadi itu sudah digesek kartu Bank DKI sejak dua hari yang lalu," ucap Errish di Aula RPTRA Komplek Keuangan, Kelurahan Benhil, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (25/11).

Paket pangan yang disalurkan, lanjut Errish, berisi telur ayam 1 kg seharga Rp 10.000, beras 5 kg Rp 30.000, ikan kembung 1 kg Rp 13.000, daging sapi 1 kg Rp 35.000, daging ayam 1 ekor Rp 8.000 dengan total Rp 96.000, sedangkan untuk pemegang KJP mendapatkan tambahan susu UHT 24 pak per karton Rp 30.000 dengan total Rp 126.000.

Menurutnya, untuk keseluruhan paket pangan tersebut apabila dibeli secara mandiri tanpa subsidi, berkisar di harga 300-400 ribu.

"Harapan ke depan supaya ini tetap berjalan, karena sangat bermanfaat bagi masyarakat," ujar Errish.

Sementara itu, Hari salah satu PJLP penerima paket pangan bersubsidi yang bertugas di RPTRA Melati merasa terbantu dengan adanya program pangan bersubsidi ini. Karena menurutnya, harga yang diberikan berada jauh di bawah harga pasaran.

"Kita mengucapkan banyak terima kasih untuk Pemda DKI. Bagi kami warga kecil yang mungkin menginginkan gizinya tercukupi. Alhamdulillah dengan adanya ini kita bisa mencukupi kebutuhan anak-anak kita untuk mencapai gizi yang lebih baik," imbuhnya.