Kelurahan Cempaka Putih Timur Gencarkan PSN Melalui Link

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Juru pemantau jentik (Jumantik) Kelurahan Cempaka Putih Timur. Foto: pusat.jakarta.go.id

Antisipasi kasus demam berdarah dengue (DBD) di masa Covid-19, Kelurahan Cempaka Putih Timur menggencarkan pembasmian sarang nyamuk (PSN) melalui juru pemantau jentik (Jumantik) dan PSN mandiri dengan mengisi link.

Lurah Cempaka Putih Timur, Shinta Purnama Sari mengatakan, di masa pandemi Covid-19, PSN di wilayah Kelurahan Cempaka Putih Timur tetap jalan dengan mengerahkan Jumantik dan PSN mandiri.

"PSN di wilayahnya tetap berjalan, kita kerahkan juru pemantau jentik untuk melakukan PSN mandiri dengan mengisi link ke https://bit.ly/juaracemput," kata Shinta saat dikonfirmasi, Selasa (7/9).

Shinta mengungkapkan bahwa kader Jumantik di wilayah Kelurahan Cempaka Putih Timur jumlahnya ada 106 orang. Pelakasanaan PSN mandiri dalam seminggu satu kali yaitu setiap hari Jumat dengan mengisi link (https://bit.ly/juaracemput).

Adapun tugas kader Jumantik, lanjutnya, yaitu mensosialisasikan dan menggerakan anggota keluarga untuk melakukan PSN 3 M-plus, memeriksa tempat perindukan nyamuk di lingkungan rumah, mengisi kartu pemeriksaan jentik nyamuk, memberikan larvasida pada tempat penampungan air yang susah untuk dikuras, serta memeriksa dan memberantas tempat perindukan nyamuk di lingkungan rumah.

"Kita lakukan PSN mandiri, untuk menghindari kerumunan orang, setiap satu rumah satu Jumantik," imbuhnya.