Kelurahan Kwitang Perbaharui Data Warga Difabel

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Lurah Kwitang Rasimun (tengah). Foto: Dwi Arif

Guna memastikan jumlah difabel secara akurat di lapangan. Kelurahan Kwitang, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat akan memverifikasi ulang data jumlah warga difabel di wilayahnya.

Lurah Kwitang Rasimun mengatakan, pendataan warga difabel ini akan melibatkan RT-RW setempat agar mendapatkan hasil yang akurat.

"Tentunya dalam verifikasi itu melibatkan para RT juga para kader-kader dan Insya Allah datanya akan akurat. Kemarin data awal dari Dinas Sosial ke kami ada 185 difabel. Namun, setelah dicek langsung ke lapangan ternyata sekarang tinggal 182 karena ada tiga orang yang meninggal dunia," kata Rasimun saat ditemui di Kantor Kelurahan Kwitang, Kamis (11/11).

Dalam proses verifikasi ulang tersebut, Rasimun menargetkan secepatnya dapat diselesaikan agar segera dilaporkan ke Dinas Sosial.

"Kalau menurut rencana data tersebut harus terkumpul tanggal 17 November 2021 ya," imbuh Rasimun.

Sementara itu, Kasatpel Sosial Kecamatan Senen Lili Ali mengatakan, proses verifikasi data warga difabel ini diberlakukan untuk seluruh warga tanpa memandang status ekonomi.

"Data penyandang difabel ini tidak seperti data-data yang lain, baik warga yang mampu maupun yang tidak mampu itu tetap kita masukin datanya ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta," ucapnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Sosial (Dinsos) serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) akan melakukan pendataan warga difabel secara menyeluruh. Dalam hal ini mengajak agar warga aktif dengan memberitahu atau menghubungi petugas (Dinsos) sesuai domisili.

"Halo warga Jakarta!.Untuk mewujudkan Jakarta Ramah Difabel, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Sosial serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil akan melakukan pendataan warga disabilitas yang bersifat menyeluruh," tertulis di dalam keterangan akun @dkijakarta yang diunggah pada Minggu (24/10).

Data yang ada akan digunakan sebagai acuan peningkatan sarana dan prasarana bagi teman-teman difabel di DKI Jakarta. Masyarakat Jakarta dapat mengakses website datawarga-dukcapil.jakarta.go.id atau bisa menghubungi Petugas Pendamsos Dinsos di Kelurahan sesuai domisili.