Ketua TP PKK Jakpus: Peran PKK Sangat Strategis

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Pelantikan dan serah terima jabatan Ketua TP PKK Kecamatan Tanah Abang dan Kecamatan Johar Baru. Foto: Annisa Qurrotul Aini

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jakarta Pusat (Jakpus) Ucu Jamilah menyebut peran PKK sangatlah strategis terutama dalam hal pembangunan menuju keluarga sejahtera, maju, dan mandiri.

Hal tersebut diungkapkannya usai acara pelantikan dan serah terima jabatan Ketua TP PKK Kecamatan Tanah Abang dan Kecamatan Johar Baru, di Kantor Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (16/9).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Jakpus juga mengucapkan selamat sekaligus meminta agar Ketua TP PKK yang baru dilantik dapat melakukan tugas dengan penuh tanggung jawab dan kesungguhan.

"Selamat atas amanah yang akan diemban. Harapan kita adalah TP PKK dapat berdaya, berkarya, dan dapat dirasakan oleh masyarakat," ucap Ucu.

Menurutnya, bergerak dari diri sendiri dengan menjadi contoh yang baik bagi keluarga dan masyarakat menjadi hal utama yang harus diingat oleh TP PKK. Selain itu Gerakan 10 program PKK juga harus disosialisasikan kepada kader kader yang ada di wilayah.

"Berusaha aktif gerakan aksi hidup baik seperti aksi lingkungan, pemberdayaan, peduli anak, dan pendidikan. Kader kader yang terus bergerak juga terus kita apresiasi. Saya berharap kegiatan ke depan dapat berjalan dengan baik," paparnya.

Senada dengan Ketua TPP PKK Jakpus, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma turut mengucapkan selamat kepada Ketua TP PKK yang baru dilantik. Dhany mengatakan, tugas ini merupakan amanah yang luar biasa.

"Tugas yang diemban sebagai ladang amal yang perlu kita garap. Jadi kita tebarkan aroma kebaikan kemudian sentuhan-sentuhan kebaikan untuk menciptakan kemashlahatan di kecamatan yang kita pimpin," kata Dhany.

Dhany menyebut Johar Baru dan Tanah Abang memiliki karakteristik yang berbeda tapi memiliki kemiripan dan banyak masyarakatnya yang perlu sentuhan dari TP PKK.

"Kelompok sasaran PKK adalah keluarga, di mana keluarga merupakan pendidik utama, dan pendidik utama adalah ibunya. Melihat peran ibu sesungguhnya merupakan sosok yang sangat tangguh, oleh sebab itu saya berharap sesuatu yang sulit menjadi mudah," harapnya.

Untuk diketahui, Ketua TP PKK Kecamatan Johar Baru yang baru dilantik yaitu Ivana Chaerunnisa  dan Ketua TP PKK Kecamatan Tanah Abang yaitu Yantie Mulyantie.