Kolaborasi dengan Kejati DKI Jakarta dan APINDO, Vaksinasi Malam Hari Digelar di Jakarta Pusat

Reporter: Adam | Editor: Adam

Foto : Zaki

Aksi kolaborasi kembali dilakukan untuk terus meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19. Kali ini dilakukan Pemkot Administrasi Jakarta Pusat dengan Kejaksaan Tinggi Provinsi DKI Jakarta, Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO).

Berbeda dengan biasanya, vaksinasi massal kali ini diselenggarakan malam har, Kamis (9/12) malam. Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Dhany Sukma berkesempatan meninjau salah satunya yakni di RPTRA Intiland Teguh, Karet Tengsin. Bersama dengan Wali Kota, turut hadir pula Wakil Ketua Kejati Provinsi DKI Jakarta Bambang Bachtiar dan Ketua Kejari Jakarta Pusat Bima Suprayoga.

Wakil Ketua Kejati Provinsi DKI Jakarta Bambang Bachtiar mengungkapkan, vaksinasi malam hari digelar untuk memfasilitasi warga yang kesulitan mengikuti vaksin pada siang hari. “Pada malam hari ini kita lakukan agar tidak mengganggu pekerjaan para karyawan swasta dan para pedagang yang bekerja di pagi hari, sehingga untuk pemenuhan vaksin ini bisa mereka ikuti di malam ini,” ujarnya.

Bambang juga menjelaskan bahwa kegiatan serupa dilaksanakan di kota administrasi lain di seluruh Jakarta. “Antusias masyarakat juga cukup banyak, semoga capaian kita bersama untuk mencapai 100 persen bisa segera terlaksana,"tambah Wakajati.

Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat menyatakan capaian vaksinasi di wilayahnya sudah sangat baik. “Jika berdasarkan data Dinas Kesehatan kita sudah mencapai 250 persen dari target. Apabila berdasarkan KTP (yang benar-benar warga Jakarta Pusat-red) sudah mencapai 80,20 persen. Insya Allah kita bisa mengejar capaian 100 persen sedikit lagi,” imbuh Dhany.

Ia mengapresiasi berbagai pihak yang telah membantu pencapaian tersebut. Selain di Karet Tengsin, vaksinasi massal kolaborasi dengan Kejati Provinsi DKI Jakarta dan APINDO juga digelar pada waktu bersamaan di lima lokasi lain. “Ini merukpakan hasil wujud kolaborasi effektif dari seluruh pihak, dengan harapan capaian vaksiansi di Jakpus bisa meningkat terus dan layanan vaksinasi di enam kecamatan ini bisa disukseskan,” pungkas Dhany.

Vaksinasi di RPTRA Intiland Teduh Kelurahan Karet Tengsin berlangsung dari pukul 18.30 hingga 22.30 WIB dengan menggunakan vaksin Sinovac dan Astra Zeneca. Peserta yang mendaftar sebanyak 234 orang, namun yang tervaksin sebanyak 226 orang. Sebanyak delapan orang terpaksa ditunda karena ada kendala dengan kesehatannya. 

Dalam kesempatan ini, Wali Kota bersama Wakil Kajati DKI Jakarta dan Kajari Jakarta Pusat juga menyerahkan bantuan sembako kepada warga yang mengikuti program ini. Selain itu, Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyediakan posko layanan kependudukan.

(Kominfotik JP/SAF)