Kurangi Jumlah Pengangguran, Sudin Nakertrans dan Energi Gelar Pelatihan SIM A

Reporter: Magifirotunnisa PKL | Editor: Andreas Pamakayo

Pelatihan mengemudi SIM A. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Suku Dinas (Sudin) Tenaga Kerja, Transmigrasi (Nakertrans) dan Energi Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) berkolaborasi dengan PT Giri Artha Sejahtera menggelar pelatihan mengemudi SIM A.

Pelatihan ini diikuti 90 peserta dari delapan kecamatan se-Jakarta Pusat tersebut berlangsung di Ruang Rapat Nakertrans, Lantai 5, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (29/11).

Pelatihan mengemudi ini dibuka langsung Kasudin Nakertrans dan Energi Kota Administrasi Jakarta Pusat Fidiyah Rokhim.

Dalam kesempatan ini, Fidiyah menyatakan, pelatihan mengemudi SIM A dilakukan dalam rangka memberikan keterampilan bagi para pencari kerja sekaligus mengurangi jumlah pengangguran.

"Setelah mengikuti pelatihan mengemudi, para peserta nantinya akan mendapatkan SIM A yang akan berkontribusi menciptakan lapangan pekerjaan. Pasca-pelatihan nanti langsung bisa digunakan untuk melamar pekerjaan sesuai keterampilan yang dimiliki," katanya.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan Tokhiri (25) warga Kecamatan Menteng mengatakan, adanya program ini sangat membantu untuk memperlancar keterampilan mengemudinya. Terlebih setelah mengikuti pelatihan ini juga akan mendapatkan SIM A secara gratis.

"Menyadari dampak pandemi Covid-19 berimbas pada pengurangan. Pelatihan ini merupakan sebuah kesempatan. Insya Allah sangat bermanfaat untuk mencari pekerjaan selanjutnya," tandasnya.