Lestarikan Budaya Sejak Dini Jadi Tujuan Lomba Fashion Betawi Kids

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Peserta lomba Fashion Betawi Kids yang berlangsung secara virtual. Foto: pusat.jakarta.go.id

Dalam rangka melestarikan budaya sejak dini, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) menggelar lomba Fashion Betawi Kids yang berlangsung secara virtual.

Ketua Dekranasda Kota Administrasi Jakarta Pusat, Ucu Jamilah menerangkan, kegiatan lomba Fashion Betawi Kids Virtual ini diadakan sejak 11 Juni hingga 22 Juni 2021 lalu.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 188 anak dari Jabodetabek, serta anak disabilitas. Selain untuk melestarikan budaya Betawi, kegiatan ini juga menjadi rangkaian dari peringatan HUT Kota Jakarta ke-494 dan peringatan Hari Anak Nasional.

"Kita ingin meningkatkan apresiasi anak-anak untuk melestarikan budaya Betawi. Sebab peran anak sangat penting di masa mendatang untuk menjaga tradisi budaya Betawi ke depannya," ungkap Ucu Jamilah saat pengumuman pemenang lomba fashion Betawi kids virtual, Minggu (27/6). 

Di tempat yang sama, Pembina Dekranasda Jakpus sekaligus Wali Kota Administrasi Jakpus Dhany Sukma mengharapkan, dengan adanya perlombaan ini tidak hanya mengajarkan anak tentang budaya Betawi sejak dini. Tetapi Dekranasda mampu meningkatkan peluang dan kreativitas dalam mengembangkan usahanya.

"Melalui perlombaan ini juga menjadi arena yang baik bagi para pengrajin Dekranasda untuk mengembangkan produksi, memanfatkan peluang yang ada. Misalnya dengan menemukan desain-desain baru yang bisa diterima semua kalangan termasuk anak-anak," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda DKI Jakarta Fery Farhati mengapresiasi kegiatan lomba yang diadakan Dekranasda Jakpus. 

Menurutnya, pandemi tidak menyurutkan semangat para pengurus untuk tetap memunculkan kegiatan-kegiatan kreatif meskipun secara virtual.

"Kegiatan perlombaan ini juga menjadi salah satu cara bagi orang tua dan anak untuk menambah kedekatan yang positif," imbuhnya. 

Berikut para pemenang Lomba Fashion Betawi Kids Virtual yang diadakan Dekranasda Jakpus; Juara 1 Medina Reva, Juara 2 Abdul Syamil, dan Juara 3 Aisyah Alifa.