Liburan Sekolah, Anak-anak Serbu Sentra Vaksin di RPTRA Intiland Teduh 2

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Vaksinasi di RPTRA Intiland Teduh 2 yang berada di Jalan Karet Pasar Baru Barat VII, Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Rabu (29/12). Foto: Zaki Ahmad Thohir

Memasuki pekan kedua setelah dilaksanakan kick off vaksin untuk anak usia 6-11 tahun pada 14 Desember 2021 lalu, kini banyak sentra vaksin anak yang diserbu oleh warga.

Salah satunya, yang melayani pemberian vaksin Sinovac dosis pertama bagi anak di RPTRA Intiland Teduh 2 yang berada di Jalan Karet Pasar Baru Barat VII, Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Rabu (29/12).

Sekretaris Kelurahan Karet Tengsin Ani Purnama mengatakan, untuk di wilayahnya terdapat 2.429 anak dan yang sudah tervaksin sebanyak 1.317 anak.

Ani menambahkan, saat ini kegiatan pembelajaran di sekolah tengah libur, pihaknya mengajak untuk usia anak 6-11 tahun agar di segera mengikuti vaksinasi.

“Kita juga melibatkan PPSU serta pegawai kelurahan lainnya untuk turun ke lingkungan warga dan mengajak anak usia 6-11 tahun untuk segera divaksin. Imbauan juga kita lakukan kepada orang tuanya,” ucapnya saat ditemui di lokasi.

Sementara itu, Tenaga Kesehatan Puskesmas Kelurahan Karet Tengsin dr Angela menuturkan untuk persiapan dan perlakuan terhadap usia anak-anak maupun dewasa sama saja saat divaksin.

“Pemberian vaksinnya sama yaitu Sinovac dan dosisnya pun sama yaitu 0,5 CC, namun perbedaannya yaitu harus didampingi orang tuanya, kalau tanpa orang tua kadang si anak saat screening jawabnya suka ngasal,” imbuhnya.

Di akhir, Angela berharap agar anak usia 6-11 tahun segera mengikuti vaksin sehingga pandemi ini berubah menjadi endemi.