Lurah Bungur Tinjau Pengurasan Saluran di Tiga RT

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Lurah Bungur meninjau pengurasan saluran di RW 03. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Senen melakukan pengurasan saluran di RW 03 yang meliputi RT 09, 10, dan 11 Kelurahan Bungur.

Lurah Bungur Suprayitno mengatakan, di wilayah RW 03 tersebut sering terjadi genangan jika hujan lebat, namun genangan tersebut tidak lama, begitu hujan berhenti langsung surut karena menunggu antrian air ke saluran penghubung (PHB) kali Baru Poncol.

"Untuk itu, pengurasan saluran di RW 03 meliputi RT 09, 10 dan RT 11 dilakukan guna mengantisipasi genangan saat hujan lebat. Satgas SDA Kecamatan Senen juga melakukan kroscek saluran air di tiga RT tersebut memastikan aliran air berfungsi dengan baik dan lancar," kata Suprayitno saat meninjau pengurasan saluran di lokasi, Kamis (23/9).

Suprayitno menambahkan, pengurasan itu sendiri sudah dilakukan pada 13 September 2021 lalu, hingga saat ini telah mencapai 40 persen. Adapun saluran yang dikuras panjangnya mencapai 250 meter dengan dimensi 60x60 cm dengan ketebalan lumpur 40 cm.

"Dari hasil pengurasan saluran air mikro tersebut berhasil mengangkat lumpur sebanyak 100 karung. Lumpur tersebut dibuang ke PLTU Ancol, Jakarta Utara," ujar Suprayitno didampingi Kepala Seksi Ekbang Imam Sukartono, Kepala Seksi Pemerintahan Bayu Bawana, Ketua FKDM Lukmansyah, dan Ketua RW 03 Kelurahan Bungur Sutardjat.