Lurah Kebon Melati Imbau Kerja Bakti Lokal Basmi Sarang Nyamuk

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Lurah Kebon Melati Winetrin melakukan PSN di RW 05. Foto: Malik Maulana

Lurah Kebon Melati Winetrin mengimbau warga untuk melakukan kerja bakti lokal guna memberantas sarang nyamuk demam berdarah di wilayahnya.

Hal ini diungkapkannya usai melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di RW 05, Kelurahan Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (19/11).

Winetrin mengatakan, cara yang paling efektif untuk menjaga lingkungan dari demam berdarah dengan melakukan PSN. Selain itu, pihaknya juga meminta para Ketua RT untuk melakukan kerja bakti lokal di lingkungan warga. Juga meminta para warga menjaga kebersihan tempat tinggal masing-masing.

“Yang harus diperhatikan terutama memang menjaga kebersihan lingkungan. Dimulai dari rumah sendiri dulu lingkungan terkecil dalam bertanggung jawab menjaga kebersihan kesehatan keluarga mereka,” ungkapnya.

Winetrin juga menjelaskan, di musim penghujan ini tempat-tempat yang rawan sarang nyamuk seperti tempat penampungan air perlu diperhatikan. Termasuk lahan kosong juga tidak boleh diabaikan, karena menjadi tempat pembuangan barang bekas.

“Contohnya ember bekas yang posisinya terbuka akhirnya menampung air, dijadikan lahan tempat kandang ayam, burung, itu yang kita bereskan. Jadi betul-betul harus diperhatikan selain kebersihan di rumah sendiri,” tandasnya.