Masuk Musim Penghujan, Lurah Benhil Minta Jumantik Periksa Tampungan Air

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Kader Jumantik Kelurahan Benhil periksa penampungan air di rumah warga. Foto: Malik Maulana

Lurah Bendungan Hilir (Benhil) Rida Mufrida mengimbau kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) agar lebih giat melakukan pemantauan di rumah warga saat memasuki musim penghujan.

Hal tersebut dikatakannya usai mendampingi Camat Tanah Abang Dicky Suherlan saat melakukan peninjauan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di RT 07, 08, 09 RW 06, Kelurahan Benhil, Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat, Jumat (29/10).

"Kita mengimbau kepada para Jumantik untuk tidak lengah tetap memeriksa tampungan air yang bisa mengakibatkan bertelurnya jentik nyamuk," kata Rida.

Rida juga menjelaskan bahwa saat ini kader Jumantik sudah bisa masuk ke rumah-rumah warga sejak PPKM Level 2, karena sebelumnya kegiatan Jumantik dilakukan secara mandiri oleh pemilik rumah.

"Alhamdulillah kondisinya baik tidak ada jentik (di rumah warga)," katanya.

Sebagai informasi, Jumantik bertugas memantau jentik nyamuk yang ada di sekeliling tempat tinggal, terutama di tempat-tempat yang biasa menjadi sarang nyamuk seperti di bak mandi karena jarang dikuras, genangan air di sampah kaleng atau plastik kemasan air minum.

Sarang nyamuk tersebut hendaknya diberantas dengan segera agar tidak menimbulkan Demam Berdarah Dengue (DBD).