Musrenbang Bentuk Kolaborasi Pemerintah dan Warga

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Jakarta Pusat (kiri) membuka Musrenbang Kelurahan Kampung Rawa secara daring. Foto: Shab

Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) dinilai sebagai bentuk kolaborasi pemerintah daerah dan warga.

Hal ini diungkapkan Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Adminkesra) Kota Jakarta Pusat (Jakpus) M Fahmi, saat memberikan pengarahan Musrenbang Kelurahan Kampung Rawa secara daring, di Ruang Sekko I, Gedung Blok A Lantai 2, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Selasa (9/2).

Menurutnya, Musrenbang menjadi wadah berkumpulnya semua komponen dalam masyarakat dan pemerintah untuk mengajukan usulan pembangunan. Sehingga, diharapkan warga dapat mengambil langkah inisiatif mengajukan usulan yang memang dibutuhkan di lingkungan.

"Melalui Musrenbang ada kolaborasi, jadi tidak melulu pemerintah yang inisiatif membangun. Tapi juga inisiatif masyarakat di tingkat bawah merencanakan usulan pembangunan," ungkapnya.

Terkait usulan yang diajukan warga, tambah Fahmi, meminta kepada warga Kampung Rawa hanya usulan prioritas.

Sementara bagi Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) terkait, Fahmi menginstruksikan untuk melakukan validasi bagi usulan yang disetujui lurah.

"Jadi harus dipastikan UKPD melakukan validasi, jangan sampai ada usulan warga yang sudah diusulkan bertahun-tahun tapi tidak segera dikerjakan," tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/NEL