Pandemi Mereda, Posyandu RW 03 Kelurahan Kartini Aktif Kembali

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Pelaksanaan Posyandu di Sekretariat RW 03 Kelurahan Kartini. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Memiliki bayi dan balita yang sehat merupakan dambaan dari setiap orang tua. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam mengetahui tumbuh kembang buah hati, salah satu di antaranya dengan memeriksakan di Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu atau Posyandu.

Sejak vakum selama masa kasus positif Covid-19 meningkat, kini Posyandu dapat dijangkau kembali oleh masyarakat.

Posyandu merupakan kegiatan kesehatan dasar yang dilaksanakan dari, oleh, dan untuk masyarakat dengan dibantu para petugas kesehatan dari Puskesmas dan juga kader.

Bertempat di Sekretariat RW 03 Kelurahan Kartini, penyelenggaraan Posyandu bayi dan balita dilaksanakan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes).

Sekretaris Kelurahan Kartini Amirudin saat meninjau pelaksanaan Posyandu mengatakan, kegiatan ini rutin dilaksanakan sekali setiap bulannya.

Menurutnya, warga cukup antusias memeriksakan bayi maupun balitanya di Posyandu ini. “Kita lihat silih berganti warga berdatangan dengan membawa anaknya untuk diperiksa,” ucap Amirudin.

Sementara itu, Ketua PKK RW 03 Sarwiji menuturkan, terdapat delapan kader Posyandu yang ikut membantu dalam setiap kegiatan. Kedelapan kader tersebut memiliki tugas masing-masing, ada yang dibagian pencatatan, penimbangan berat serta pengukuran tinggi badan.

“Jadi kita sempat berhenti karena pandemi kemarin, saat pandemi kemarin kita bergerak secara door to door ke rumah warga yang memiliki bayi maupun balita. Untuk saat ini, seperti biasa kita periksa dan kita berikan imunisasi juga dari tenaga kesehatan Kecamatan Sawah Besar,” katanya.

Sebagai informasi, untuk di RW 03 Kelurahan Kartini ada sebanyak 65 bayi maupun balita, dan kesemunya aktif memeriksa kesehatannya di Posyandu.