Pemilihan Ketua RT 004 Kelurahan Kebon Kelapa Melalui Kotak Suara Keliling

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Pemilihan Ketua RT 004 dengan menggunakan kotak suara keliling ke rumah-rumah warga. Foto: pusat.jakarta.go.id

Warga RW 001 Kelurahan Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat, melaksanakan pesta demokrasi untuk memilih Ketua RT 004 dengan menggunakan kotak suara keliling ke rumah-rumah warga.

Lurah Kebon Kelapa Nurbin Tumbur Togar menerangkan, pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan Ketua RT 004 RW 001 di wilayahnya melalui kotak suara ke rumah warga. Sementara dalam penentuan pemilihan Ketua RT tersebut, penghitungan suaranya secara live melalui daring.

"Walaupun DKI Jakarta sudah PPKM level 2, kita terus lakukan pengawasan dan pengendalian dengan ketat, sepertinya halnya pemilihan Ketua RT 004 yang dilaksanakan Rabu (20/10/2021) malam," jelas Togar didampingi Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Kebon Kelapa, saat dikonfirmasi, Kamis (21/10).

Menurutnya, dalam pemilihan Ketua RT melalui kotak suara ke rumah warga di kawasan padat penduduk tersebut, sebagai salah satu alternatif untuk menegakkan protokol kesehatan (prokes).

"Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Gubernur nomor 1245 tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2 Covid-19 dan Surat Edaran Sekda nomor 43 tahun 2021 tentang pelaksanaan pemilihan Ketua RT dan Ketua RW di masa pandemi Covid-19," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasie) Pemerintahan Kelurahan Kebon Kelapa M Imron Sumadi menambahkan, pesta demokrasi dalam pemilihan Ketua RT 004 pada Rabu (20/10/2021) malam, ada dua calon yakni Sobari dengan nomor urut 1 dan Anto Latief nomor urut 2.

"Dalam pemilihan Ketua RT dengan kotak suara keliling tersebut, panitia pemilihan yang datang ke rumah warga, kemudian perhitungan suara disaksikan secara live melalui online," imbuhnya.

"Dari Pemilihan Ketua RT 04 RW 001 Kelurahan Kebon Kelapa dimenangkan oleh Anto Latief dengan memperoleh 44 suara dari total 77 kepala keluarga pemilih tetap dan disaksikan jajaran tiga pilar Kelurahan Kebon Kelapa," ungkapnya.