Pemilihan Ketua RT di Kebon Kelapa Dilakukan Tatap Muka dengan Prokes Ketat

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Pemilihan Ketua RT 11 RW 04 Kelurahan Kebon Kelapa. Foto: pusat.jakarta.go.id

Warga RT 11 RW 04 Kelurahan Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat melakukan pemilihan Ketua RT dengan cara tatap muka berlangsung, di Jalan Juanda 2 tepatnya di depan Pos RW 04, yang digelar, Selasa (26/10) malam.

Lurah Kebon Kelapa Nurbin Tumbur Togar mengatakan, Pemilihan Ketua RT 11 RW 04 di wilayahnya dilakukan dengan cara tatap muka. Sebelumnya pihaknya sudah menganjurkan pemilihan RT dilakukan dengan cara daring atau kotak keliling ke rumah warga.

"Namun warga mengusulkan pemilihan Ketua RT 11 RW 04 dilakukan dengan cara tatap muka, yang katanya seiring dilonggarkan kegiatan masyarakat dan DKI Jakarta telah masuk PPKM level 2," ujar Togar didampingi Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Kebon Kelapa M Imron Sumadi.

Atas dasar hal tersebut, lanjutnya, pemilihan ketua RT 11 RW 04 dlakukan dengan cara tatap muka, dengan syarat warga harus disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) yakni 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak). Selain itu, di tempat pemilihan RT harus ada pengukur suhu badan dan keluar masuk ke tempat pemilihan harus dibedakan.

Lurah Kebon Kelapa menambahkan, peserta pemilih datangnya harus bergantian dengan jumlah 50 persen dari jumlah pemilih. Selesai memilih warga langsung pulang. Dalam penghitungan suara warga tidak boleh datang, yang boleh hanya panitia, perwakilan warga serta calon RT.

"Saya bersyukur,  pemilihan Ketua RT 11 RW 04 masa PPKM level 2 berjalan lancar dengan protokol kesehatan yang ketat dan semua warga mematuhi prokes dengan disiplin," jelasnya.

Untuk diketahui, pemilihan Ketua RT 11 RW 04 diikuti dua calon yakni, Endang Irmansyah Nomor urut 1 dan Rudi Iskandar Nomor urut 2.

Ketua RT terpilih yaitu Rudi Iskandar dengan 80 suara sedangkan lawannya Endang Irmansyah hanya 35 suara.