Pemkot Jakpus Akan Tanam 400 Pohon Secara Serentak

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting. Foto: Zahra PKL

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat berkolaborasi dengan Forum Masyarakat Peduli Lingkungan (Formapel) Kecamatan Tanah Abang secara serentak akan melakukan penanaman pohon dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda yang akan berlangsung di sisi sebelah Barat Stasiun Tanah Abang.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting mengatakan, penanaman pohon ini selain memperingati Sumpah Pemuda juga dalam rangka pelestarian lingkungan hidup yang mendukung program iklim (proklim).

"Nantinya akan ditanam 400 pohon dari Formapel Kecamatan Tanah Abang yang terdiri dari pohon sengon, trembesi, jambu, dan pisang," katanya.

"Rencananya penanaman pohon tersebut akan berlangsung pada tanggal 5 November 2021 mendatang," ungkapnya.

Bakwan Ferizan Ginting menambahkan dalam pelaksanan penanaman pohon ini Pemkot Administrasi Jakarta Pusat juga akan berkoordinasi dengan Balai Besar Ciliwung dan Kelurahan Kebon Melati.

"Dalam penanaman pohon ini perlu dukungan dari berbagai pihak termasuk salah satunya Stasiun Tanah Abang, Balai Besar Ciliwung, Sudin SDA, Lingkungan Hidup, Sudin Sosial, Sudin Pora, Sudin KPKP, Sudin Pariwisata, Pertanaman dan Hutan Kota," jelasnya.

Ia juga mengungkapkan penanaman pohon di sebelah Barat Stasiun Tanah Abang akan ditanam 70 pohon, sisanya akan didistribusikan ke masing-masing kecamatan. 

"Kecamatan nanti menanam pohon ini di wilayahnya masing-masing sampai di tingkat kelurahan secara serentak," ungkapnya.

Selain penanaman pohon, lanjut Bakwan Ferizan Ginting, akan ada penyebaran bibit ikan.