Pemkot Jakpus Cari Solusi Atasi Genangan di Tiga Titik

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) tengah mencari solusi penanganan genangan di tiga titik kawasan usai hujan deras beberapa hari lalu.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting mengatakan, saat ini ada tiga titik genangan yang tengah ditangani usai hujan deras beberapa waktu lalu. Seperti di kawasan kolong Semanggi, Bendungan Hilir, dan Karet Tengsin.

Bakwan Ferizan Ginting mengatakan bahwa genangan yang terjadi di kawasan Semanggi diakibatkan tertutupnya mulut air karena ada pembangunan di sekitar lokasi.

"Kemarin itu mulut airnya tertutup, sementara kita tangani dengan membuat parit, dan kita perlebar mulut airnya. Sambil kita berkoordinasi dengan Sudin Sumber Daya Air (SDA) dan Dinas Bina Marga untuk mencari solusi penanganan genangan secara permanen," ungkapnya usai rapat koordinasi penanganan banjir, di Ruang Rapat Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (8/11).

Bakwan Ferizan Ginting menambahkan, untuk penanganan di Bendungan Hilir dan Karet Tengsin yang tergenang akibat limpahan air dari Kali Krukut. Pihaknya meminta manajemen pengelola pintu air betul-betul disinergikan dengan petugas pintu air Manggarai. Sebab, ia menduga, limpahan air Kali Krukut ini terjadi akibat hujan lokal yang mempertemukan aliran air dari Kali Ciragil, dan Kali Krukut ke muara. 

"Sudah kita kordinasikan semuanya untuk melakukan penanganan, termasuk Bina Marga. Dalam waktu dekat seluruh petugas akan turun untuk membersihkan mulut air," tandasnya.