Pemkot Jakpus Fokuskan Penanganan Banjir di Jalan Abdul Jalil, Kali Krukut, dan Karet Bivak

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma (kiri) didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting. Foto: Zahra PKL

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat tengah merencanakan dan mengerjakan berbagai cara dalam mengantisipasi banjir memasuki musim penghujan.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, dari hasil rapat koordinasi wilayah Pemkot Administrasi Jakarta Pusat akan memfokuskan rencana penanganan banjir di Jalan Abdul Jalil, Kali Krukut, dan Karet Bivak. 

"Intinya kita ingin membuat rencana aksi dan yang sudah direncanakan ada penambahan daya sedot yang ada di Jalan Abdul Jalil untuk mempercepat penyedotan air menuju ke Kanal Banjir Barat. Karena memang di jalan tersebut posisinya berada di cekungan," katanya usai menggelar rapat pembahasan penanganan banjir di Karet Tengsin, yang diikuti jajaran terkait di Ruang Rapat Walikota Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (6/10).

Sedangkan di Kanal Banjir Barat, lanjut Dhany, nanti dipersiapkan perluasan kolam olakan. Jadi nanti kapasitas tampung air lebih besar sehingga bisa lebih cepat mengatasi masalah genangan.

"Sementara terkait Kali Krukut minggu depan rencananya akan dibangun turap atau tanggul yang materialnya itu dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane ?(BBWSCC) dan tenaganya dari Sudin SDA, Bina Marga, dan PPSU," jelasnya.

Dhany juga berharap dengan langkah ini Jakarta Pusat akan lebih siap memasuki musim penghujan. "Dengan langkah ini harapannya ketika nanti masuk musim penghujan tidak ada dampak banjir dan kita bisa mengatasi masalah banjir di wilayah Jakarta Pusat," tandasnya.