Pemkot Jakpus Gelar Donor Darah dan Laboratorium Sederhana

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Donor darah di Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (31/11). Foto: Ratu PKL)

Guna meningkatkan kepedulian sosial dan kemanusiaan, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menggelar donor darah yang diikuti pegawai SKPD/UKPD, PJLP dan PPSU. Kegiatan berlangsung satu hari, di Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir.

Kepala Suku Badan (Kasuban) Kepegawaian Jakarta Pusat Yanu Hardiyanto mengatakan, untuk menyemarakan peringatan Hari Sumpah Pemuda dan HUT KORPRI ke-50, pihaknya menggelar donor darah dan laboratorium sederhana dalam pemeriksaan gula darah sewaktu.

"Kegiatan donor darah tersebut sasarannya yaitu ASN, PPSU, anggota Satpol PP, guru dan PJLP berlangsung satu hari. Kami berkolaborasi dengan PMI DKI Jakarta dan Satuan Pelayanan Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Pusat,“ kata Yanu H saat dikonfirmasi, Selasa (30/11).

"Adapun targetnya yaitu sebanyak 250 kantong darah," ungkapnya.

Ia berharap semua dapat melakukan donor darah, karena masih banyak warga yang membutuhkan darah. Semakin banyak yang donor darah maka stok darah di PMI DKI Jakarta akan tetap tersedia.

Sementara itu, Penanggung Jawab Satuan Pelaksan Kesehatan (Satpelkes) Jakarta Pusat Drg Rini menjelaskan, laboratorium sederhana ini untuk melakukan pemeriksaan gula darah sewaktu, kolestrol, asem urat dan trigliseride tidak dipungut biaya alias gratis.

"Target untuk laboratorium sederhana yaitu sebanyak 100 orang, siapa saja boleh melakukan pemeriksaan," ucapnya.