Pemkot Jakpus Jadi Tempat Pembukaan Pelatihan Satpam Bagi Lima Wilayah Kota

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Pembukaan Pelatihan Satuan Pengamanan (Satpam) Kualifikasi Gada Pratama bagi lima wilayah kota yang digagas Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Pemprov DKI Jakarta. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menjadi tempat pembukaan Pelatihan Satuan Pengamanan (Satpam) Kualifikasi Gada Pratama bagi lima wilayah kota yang digagas Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan PT Badrika Eba Nusantara.

Pembukaan pelatihan satpam tersebut berlangsung di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Kamis (2/11).

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Pemprov DKI Jakarta Andriansyah mengatakan, dalam mengantisipasi permasalahan ketenagakerjaan khususnya di Pemerintahan Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terlebih dengan adanya pandemi Covid-19, sehingga pelantikan satpam ini digelar.

Menurutnya, ketenagakerjaan sangat dipengaruhi faktor kependudukan yang tentunya mempengaruhi jumlah tenaga kerja baik disebabkan oleh pertambahan penduduk, maupun adanya urbanisasi, ditambah dengan kondisi pandemi Covid-19 menyebabkan banyaknya perusahan melakukan pengurangan karyawan secara massal.

"Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor yang sangat strategis dalam menunjang pembangunan terutama dalam bidang keamanan dan ketertiban maka peningkatan pengetahuan, keterampilan serta kemampuan teknis sangat diperlukan pada satpam di lingkungan kerja di perusahaan," katanya.

Untuk itu, lanjutnya, pelatihan ini dilakukan dalam mendukung produktivitas satpam yang nantinya akan ditempatkan baik di perusahan maupun di perumahan.

"Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi Pemprov DKI Jakarta terus melakukan upaya mengatasi masalah pengangguran dengan memprogramkan pelatihan kerja yang berbasis kompetensi sesuai tuntutan perkembangan pasar kerja yang prospektif," jelasnya.

"Semoga pelatihan ini dapat menjadi salah satu solusi dalam mengatasi ketenagakerjaan di Provinsi DKI Jakarta," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Kota Administrasi Jakarta Pusat Fidiyah Rokhim menambahkan, pelatihan satpam ini diikuti 125 orang dengan komposisi 25 orang masing-masing bagilq lima wilayah kota.

"Pelaksanan pelatihan satpam berlangsung dari tanggal 26 November sampai 10 Desember 2021 bertempat di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat," tandasnya.

Pembukaan pelatihan satpam ini juga dihadiri, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting, Kepala Subdi Bin Satpam Polsuhdi Bimas Polda Metro HKBP Jajan Hasan Basri, Direktur PT Badrika Eba Nusantara Dania Ekarabandari, dan Kepala Suku Dinas Nakertrans dan Energi lima wilayah kota.