Pemkot Jakpus Larang Takbir Keliling

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Apel pengamanan Hari Raya Idulfitri. Foto: Zak

Jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat bersama TNI serta Polri melaksanakan apel pengamanan Hari Raya Idulfitri 1442 H, di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (11/5) sore.

Wali Kota Adminstrasi Jakarta Pusat, Dhany Sukma sebagai pembina apel menginstruksikan berbagai langkah dan tindakan kepada para peserta apel dalam mengantisipasi potensi kerumunan, kebersihan pasca-salat Ied, penutupan TPU, perketan arus balik di tingkat RT dan RW.

“Untuk takbir keliling sudah dipastikan tidak ada, namun bisa dilaksanakan di masjid atau musala dan hanya diikuti oleh 10 persen dari luasan tempat ibadah tersebut,” ungkapnya.

Selain itu, Dhany juga berpesan terkait penanganan kebersihan setelah pelaksaaan Salat Idulfitri.

“Biasanya setelah bubaran Salat Ied, ada sampah kertas koran maupun plastik-plastik, segera mungkin dibersihkan,” katanya.

Dhany juga menambahkan, selepas Salat Ied ditiadakan prosesi ziarah kubur.

“Tempat Pemakaman Umum (TPU) kita tutup, kita lakukan penjagaan di area makam, kalau perlu dibuat posko-posko pengamanan," ujarnya.

Lebih lanjut Dhany mengatakan, untuk arus balik mudik diperketat dari tatanan RT dan RW. Sekembalinya warga dari kampung dilakukan swab test untuk mencegah berkembangnya Covid-19 khusus di Jakarta Pusat. (As)

 

Kominfotik JP/Zak