Pemkot Jakpus Raih Penghargaan Natamukti Award 2021

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) Kota Administrasi Jakarta Pusat Melinda Sagala. Foto: pusat.jakarta.go.id

Natamukti Award 2021 merupakan wadah apresiasi bagi kepala daerah, yang sukses dalam membangun tata kelola dan kemandirian Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerahnya.

Termasuk di dalamnya, upaya promosi UMKM lokal serta mendorong peningkatan kualitas produk serta membangun ekosistem usaha.

Terkait hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) meraih penghargaan Natamukti Award 2021.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) Kota Administrasi Jakarta Pusat Melinda Sagala mengatakan, penghargaan Natamukti Award 2021 diberikan pada Pemkot Administrasi Jakpus untuk kategori kota yang berhasil memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, serta membangun ekosistem UMKM.

Menurutnya, penghargaan ini diberikan Indonesia Council For Small Business (ICSB) bersama Kementerian KUKM.

"Kita tidak menyangka usaha kita untuk memberikan supporting pada UMKM dengan mengadakan pelatihan dan bazar ternyata diapresiasi dan kita berhasil mendapatkan penghargaan tersebut," ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (6/12).

Melinda mengaku bahwa Sudin PPKUKM mengikutserkatan Pemkot Administrasi  Jakpus dalam Natamukti Award 2021 sejak September lalu. Ia memberikan data-data dokumentasi terkait kegiatan-kegiatan di Jakpus yang mendorong pengembangan UMKM dalam hal ini Jakpreneur. Seperti program pelatihan online dan offline, pendampingan Jakpreneur, bazar online dan offline, serta Jumat Beli Lokal (JBL).

Meskipun, lanjutnya, situasi saat ini masih dalam pandemi Covid-19 yang memberikan dampak ekonomi dan efisensi beberapa program, namun Sudin PPKUKM masih bisa mengupayakan pengembangan UMKM.

"Harapan kita tahun depan bisa lebih giat lagi memberikan supporting untuk UMKM baik dalam bentuk pelatihan maupun bazar. Tahun depan kita akan menambah program pelatihan dan juga bazar," tandasnya.