Pemkot Jakpus Terima Kunjungan KEMENPAN-RB

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Pemkot Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) menerima kunjungan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN-RB). Foto: Aris PKL

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) menerima kunjungan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN-RB), di Ruang Rapat Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (15/10).

Dalam kunjungan ini KEMENPAN-RB diwakili Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah 2 Noviana Andrina. Kunjungan ini juga dalam rangka evaluasi pelayanan publik di wilayah Pemkot Administrasi Jakarta Pusat.

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin mengatakan, sejauh ini pelayanan publik di Jakpus terus melakukan inovasi dan peningkatan pelayanan. Mulai dari pelayanan jemput bola untuk warga yang membutuhkan pelayanan publik. Selain itu, kecepatan pelayanan publik baik di kecamatan dan kelurahan juga sudah dilakukan.

“Pelayanan publik yang ada di Jakpus telah memanfaatkan teknologi informasi seperti Jakevo untuk pelayanan PTSP dan Alpukat Betawi untuk pelayanan Dukcapil,” ungkapnya.

Iqbal mengharapkan, dengan kunjungan dan evaluasi yang dilakukan KEMENPAN-RB dapat memberikan masukan dan acuan mengenai perbaikan pelayanan publik di wilayah Jakarta Pusat ke depannya, baik di tingkat kelurahan, kecamatan hingga kota.

“Semoga kunjungan ini dapat memberikan evaluasi dan arahan pada kami dalam hal peningkatan pelayanan publik,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah 2 KEMENPAN-RB Noviana Andrina mengatakan, tujuan dari kunjungan dan evaluasi yang dilakukan pihaknya terhadap pelayanan publik di Jakpus, dalam rangka mewujudkan pelayanan publik DKI Jakarta yang prima.

Selain itu, lanjutnya, juga ingin menjadikan pelayanan publik DKI Jakarta menjadi role model dari pelayanan publik daerah lain maupun negara lain.

“Evaluasi ini menjadi persiapan kita semua agar pelayanan publik di DKI Jakarta bisa dibanggakan dan jadi role model untuk negara lain yang datang melihat DKI Jakarta,” ungkapnya.

"KEMENPAN-RB juga meminta komitmen dari jajaran pimpinan dalam hal peningkatan pelayanan publik. Serta aksesabilitas masyarakat untuk mendapatkan kemudahan pelayanan," imbuhnya.