Pemkot Jakpus Usulkan 10 Titik Taman Median untuk Sumur Resapan

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) tengah mengusulkan 10 titik taman median di tepi jalan untuk dijadikan sumur resapan.

Asisten Perekonominan dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting mengatakan, pembuatan sumur resapan di taman median ini dilakukan guna mencegah genangan air hujan di jalan. Sehingga saat terjadi hujan, air tidak langsung tumpah di jalan dan saluran, tetapi masuk ke dalam sumur resapan di taman median tersebut.

"Jadi ketika air di jalan ngalirnya ke taman median itu kita bikin sumur resapan di situ. Harapannya nanti tidak hanya mengalir ke saluran saja airnya tapi juga meresap ke tanah," terangnya, saat dikonfirmasi, Senin (20/9).

Bakwan Ferizan Ginting menjelaskan, saat ini masih proses finalisasi dan survei 10 titik lokasi yang diajukan ke Provinsi DKI Jakarta. Titik tersebut di antaranya berada di Jalan Suprapto, Jalan Gunung Sahari, Jalan Bungur Raya, Jalan Pejompongan, Menteng, Kramat, dan Salemba.

Menurutnya, survei ini dilakukan guna memastikan titik yang akan dibuat sumur resapan di area taman median. Selain itu, pihaknya juga tengah melakukan inventarisasi tanaman apa yang akan terdampak dari pembuatan sumur resapan ini.

"Sekarang kita inventarisasi dulu, setelah selesai baru pengerjaannya. Target kita Oktober selesai," tandasnya.