Pemkot Siapkan Posko Bencana

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Persiapan gladi posko bencana di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (16/11). Foto: Lailatul Farha PKL

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) tengah mempersiapkan posko bencana antisipasi musim hujan. 

Dalam persiapan posko bencana ini dihadiri Unit Kerja Perangkat Daerah serta jajaran terkait di lingkungan Pemkot Administrasi Jakarta Pusat. 

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan rencana kontinjensi sekaligus mitigasi bencana di musim penghujan dengan mendirikan posko bencana.

Ia mengharapkan, nantinya peran posko bencana dapat lebih efektif dalam merespon situasi dan koordinasi pada posko yang ada di tingkat kecamatan dan kelurahan.

"Bagaimana peran posko pengungsian, bantuan-bantuan logistik kemudian evakuasi bencananya ini harus dipersiapkan. Kita buat skenarionya minimal ketika terjadi kita tidak kalang kabut," ungkapnya usai persiapan gladi posko bencana di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (16/11).

Dhany menjelaskan, nanti pihaknya akan membuat satu posko bencana di tingkat kota, delapan posko tingkat kecamatan, 44 posko tingkat kelurahan, serta posko di lokasi rawan genangan. Untuk posko rawan genangan nantinya selain posko pengungsian ada posko dapur umum.

"Ketika di situ ada potensi banjir maka posko pengungsiannya ada, posko dapur umumnya ada, kemudian untuk evakuasinya ketika terjadi gangguan kesehatan gitu ya itu harus disiapkan semuanya," tandasnya.