Peragaan Busana di Taman Sumenep Jakpus Disaksikan Puluhan Duta Besar

Reporter: Shendy Adam F | Editor: Shendy Adam F

Peringatan hari ibu nasional di wilayah Jakarta Pusat berlangsung semarak di Taman Sumenep, Rabu (22/12) sore. Foto: Malik Maulana

Peringatan hari ibu nasional di wilayah Jakarta Pusat berlangsung semarak di Taman Sumenep, Rabu (22/12) sore ini. Digelar bersamaan dengan gelar produk Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jakarta Pusat yang dihadiri puluhan duta besar negara-negara sahabat.

Selain pagelaran busana yang menjadi inti acara, dilakukan juga penanaman pohon Menteng oleh perwakilan duta besar bersama dengan Wakil Ketua Dekranasda DKI Jakarta, Elisa Sumarlin dan Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Dhany Sukma dan Ketua Dekranasda Kota Administrasi Jakarta Pusat, Ucu Jamilah.

“Sebuah kehormatan bagi kami acara ini dihadiri begitu banyak duta besar. Semoga menjadi ajang untuk mempromosikan karya para perajin di wilayah Jakarta Pusat,” ujar Ketua Dekranasda Kota Administrasi Jakarta Pusat, Ucu Jamilah.

Pada kesempatan ini, para duta besar juga menyaksikan pertunjukan peragaan busana bernuansa etnis Betawi. Busana yang ditampilkan merupakan karya dari tiga desainer yaitu Anna Setyaningsih (Batik Betawi Shop), Metia Dwiana Effendi (Denta Betawi), dan Zainal Arifin (Zainal Songket).

Bukan hanya fesyen dan kriya bernuansa Betawi, di festival ini juga digelar bazaar kuliner khas Betawi. Di antaranya adalah asinan Betawi, jongkong Betawi, selendang mayang, kue pepe, ku dongkal dan lain sebagainya.

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara Pemkot Jakarta Pusat, Dekranasda Jakarta Pusat, Forum of Small Economics Africa ASEAN (FORSEAA) dan Bianco. Wakil Ketua Dekranasda Provinsi DKI Jakarta, Ellisa Sumarlin menyambut gembira diselenggarakannya acara ini. “Saya berterima kasih dan mengapresiasi seluruh pengurus yang sudah bekerja keras. Juga untuk FORSEAA yang mau berkolaborasi dengan kami,” ujarnya.

Ellisa juga berharap acara ini memberi manfaat yang besar bagi perajin. “Selain menunjukkan kepada para duta besar, lewat acara ini juga saya berharap warga Jakarta menjadi tau bahwa karya para pengusaha kecil kita juga memiliki kualitas yang bisa mendunia,” tambahnya.