Peranan Jumantik Mandiri Digencarkan Cegah Demam Berdarah

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Jumantik mandiri sedang mengosongkan air kamar mandi. Foto:pusat.jakarta.go.id

Di masa Pandemi Covid-19 warga masyarakat tetap harus waspada terhadap ancaman penyakit lain seperti, demam berdarah.

Untuk mengatasi hal tersebut Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan peran kader Jumantik mandiri di Kelurahan Bendungan Hilir (Benhil), Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat digencarkan.

Lurah Benhil Rida Mufrida mengatakan, meski pandemi vovid-19 kegiatan PSN di wilayahnya tetap berjalan secara rutin, setiap minggu satu kali di setiap hari Jumat.

"Walaupun masa pandemi, PSN tetap jalan secara rutin agar warga tidak lengah terhadap tempat potensi sarang nyamuk berkembang," kata Rida saat dikonfirmasi, Jumat (18/6).

Menurutnya, kewaspadaan perlu dilakukan dengan selalu menjaga pola hidup bersih. "Selain itu, menguras bak mandi, timbun barang bekas yang dapat menimbulkan menjadi tampungan air, periksa tempat minum peliharaan hewan, dan lain-lain," ujarnya.

Para kader Jumantik RT dan RW di wilayahnya, lanjut Rida, juga selalu keliling melakukan pengecekan ke rumah kosong atau ke tempat lokasi yang berpotensi sebagai sarang nyamuk.

"Jumantik mandiri di wilayah Benhil sangat aktif melakukan PSN, para Jumantik mandiri selalu mengirim foto saat melakukan kegiatan PSN ke kader Jumantik RT dan RW sebagai laporan, seperti menguras bak mandi, membersihkan vas bunga, dan lain-lain, tuturnya.

"Kita galakan peranan Jumantik Mandiri, hal ini guna menghindari terjadinya kerumunan orang di masa pandemi,"  imbuhnya.