Peringati Hari Bumi, Wakil Wali Kota Ajak Warga Kurangi Sampah Plastik

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi (kiri). Foto: Lik

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi mengimbau warga untuk tetap menjaga lingkungan dengan mengurangi penggunaan bahan plastik yang hanya dapat meningkatkan produksi sampah di DKI Jakarta.

Hal ini disampaikan Irwandi usai mengikuti webinar peringatan Hari Bumi dengan tema 'Jaga Bumi Dengan Inovasi' yang diselenggarakan Indonesia Indah Foundation secara virtual, di Ruang Rapat Wakil Walikota, Kantor Wali Kota, Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang l, Gambir, Kamis (22/4).

Menurutnya, penggunaan bahan-bahan plastik masih sangat masif digunakan di Indonesia, khususnya di Jakarta.

"Kalau kita lihat sekarang untuk kemasan plastik yang ada di pusat-pusat ritel sudah tidak dipakai, tetapi masih banyak minuman makanan menggunakan kemasan dari plastik," ujar Irwandi didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting. 

Bahkan dirinya mengaku masih sering melihat warga buang sampah di kali, sungai, dan di sembarang tempat. Ia mengatakan, untuk menjaga kelestarian bumi, masyarakat harus disiplin.

Oleh karenanya, Irwandi meminta masyarakat untuk menggunakan barang-barang ramah lingkungan, sekaligus membuang sampah di tempat yang sudah disediakan.

"Kita selalu melakukan pengawasan dan menjaga lingkungan agar barang-barang plastik dapat diminimalisir. Barang-barang plastik ini sangat sulit untuk dihancurkan dan mengganggu lingkungan hidup," tutupnya. (As)

 

Kominfotik JP/ FP