Petugas SDA Johar Baru Perbaiki Saluran Mikro di Gang Kecubung

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Petugas SDA Kecamatan Johar Baru perbaiki saluran mikro di sepanjang Gang Kecubung RT 004 RW 001, Kelurahan Galur. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Johar Baru memperbaiki dan menguras saluran mikro di sepanjang Gang Kecubung RT 004 RW 001, Kelurahan Galur, Johar Baru, Jakarta Pusat.

Petugas Penunjang Juru Ukur (PPJU) SDA Kecamatan Johar Baru Fajar mengatakan, sebelumnya saluran mikro tersebut rusak yang menjadi penyebab genangan air di wilayah tersebut.

"Saluran air mikro yang dinormalisasi dan dikeruk lumpurnya sepanjang 25 meter dengan dimensi 0,5 m x 0,4 m," jelas Fajar saat dikonfirmasi, Rabu (15/9).

Menurutnya, pekerjaan normalisasi saluran air ini menindaklanjuti usulan warga melalui Musrenbang tentang pemeliharaan drainase. "Saluran yang semula kecil akibat diuruk oleh warga, kini diperlebar dan didalamin agar bisa menampung curah hujan lebih banyak lagi," kata Fajar.

Dalam pekerjaan itu, lanjutnya, pihaknya menerjunkan 14 personil Satuan Tugas (Satgas) SDA Kecamatan dengan menggunakan alat manual seperti linggis, cangkul, sendok semen, gergaji kayu, ember, gerobak, bodem, sekop, karung plastik, gerobak lori, dan pahat.

"Normalisasi saluran mikro dimulai sejak 9 September 2021 lalu dengan melakukan pengerukan lumpur, perbaikan turap yang rusak serta merubah aliran menuju ke Jalan Intan yang sebelumnya mengalir di Gang Jamrud," ungkap Fajar.

"Mudah-mudah dengan dilakukannya normalisasi saluran air mikro di Gang Kecubung dan mengubah aliran air menuju ke Jalan Intan, tidak ada lagi genangan di wilayah tersebut," imbuhnya.