PKK Kolaborasi dengan KPA Sosialisasi Pencegahan HIV AIDS

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah sosialisasi pencegahan AIDS secara virtual. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) berkolaborasi bersama Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) melakukan sosialisasi pencegahan AIDS secara virtual, Selasa (14/9).

Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah menerangkan, sosialisasi pencegahan AIDS kepada anggota PKK di wilayah Jakpus ini dilakukan karena berhubungan langsung dengan program yang ada di PKK.

Ucu menilai, pencegahan AIDS bisa dilakukan mulai dari tahap keluarga. Sementara PKK berperan sebagai ujung tombak para keluarga.

Ucu juga mengharapkan agar informasi terkait penangulangan dan pencegahan AIDS yang dilakukan KPA Jakpus dapat disosialisasikan pada keluarga yang ada di Jakpus.

“Dengan penyuluhan webinar hari ini bisa memberikan informasi teladan. Ini penting sekali dalam penanganan dan pencegahan di masyarakat kita membuka pengetahuan  tentang penanggulangan HIV AIDS yang masih jarang pengobatannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengungkapkan, peran PKK terutama pada program Pusat Informasi Konsultasi (PIK) sangat penting untuk memberikan pemahaman pencegahan AIDS pada lingkup keluarga.

Dhany menilai persoalan HIV AIDS merupakan fenomena gunung es yang nampak kecil dipermukaan namun begitu luas saat menyelaminya. Ia juga menekankan persoalan HIV AIDS perlu diketahui bersama agar bisa melakukan penanganan dan pencegahan.

“Sosialisasi ini bisa menjadi diseminasi infomasi supaya pemahaman penanganannya bisa disebarkan, bisa lebih memahami, dan memotivasi untuk melakukan pencegahan HIV AIDS,” tandasnya.