PPSU Gelora Bersihkan Tumpahan Tanah Merah Tutupi Setengah Jalan Gatot Subroto

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

PPSU Kelurahan Gelora membersihkan tumpukan tanah merah yang menutupi setengah jalan di samping Hotel Sultan. Foto: pusat.jakarta.go.id

Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Gelora membersihkan tumpukan tanah merah yang menutupi setengah jalan di samping Hotel Sultan menuju ke Jalan Gatot Subroto, Kamis (30/9).

Lurah Gelora Nurul Huda mengatakan, sebanyak 20 personil terdiri dari petugas PPSU, Sudin Lingkungan Hidup, Sumber Daya Air, Damkar, dan Sudin Perhubungan membersihkan tumpukan tanah merah yang menutupi setengah jalan di samping hotel Sultan menuju ke Jalan Gatot Subroto.

"Tumpukan tanah merah tersebut akibat tanah tumpah dari dump truck pengangkut tanah yang kabur, sehingga menyulitkan kendaraan yang lewat di lokasi tersebut,“ jelas Nurul saat dikonfirmasi.

Ia menuturkan, tumpukan tanah merah yang tumpah dari dump truck ke jalan tersebut ini menindaklanjuti aduan warga pada malam Kamis dini hari, dan langsung ditindak lanjuti pagi harinya.

"Pembersihan tumpukan tanah merah tersebut menggunakan alat berat sofel milik Satpel Sudin Lingkungan Hidup dan truk ukuran sedang milik Sudin SDA Kecamatan Tanah Abang," jelasnya.

Setelah tumpukan tanah merah dikeruk dengan sofel, kemudian jalan tersebut disemprot air oleh petugas Damkar serta disikat dan disapu oleh puluhan petugas PPSU. Diperkirakan tumpukan tanah merah tersebut mencapai 6 meter kubik.

Pembersihan tumpukan tanah merah dikerjakan mulai pukul 06.00 dan selesai pukul 10.30 WIB,  jalan tersebut kini sudah kembali kinclong dan kendaraan sudah bisa lewat.

"Alhamdulillah, sekarang jalan di samping Hotel Sultan sudah kinclong, ini berkat kerja keras PPSU dan para petugas lain yang turut membantu," tutupnya.