Pulang Mudik, 140 Warga Swab Antigen di Polsek Tanah Abang

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Warga pemudik melakukan swab antigen di Polsek Tanah Abang. Foto: Zak

Sebanyak 140 warga di Kecamatan Tanah Abang sudah mengikuti pemeriksaan Swab Antigen sejak hari Senin (17/4). Warga yang mengikuti swab antigen ini merupakan warga yang melakukan aktivitas mudik ke kampung halaman pada momen libur Hari Raya Idulfitri 1422 H.

Dari hasil pemeriksaan antigen terhadap 140 warga tersebut, tercatat tiga orang memiliki hasil positif Covid-19.

Lurah Kampung Bali Ety Kusmiaty menyebutkan pemeriksaan antigen ini merupakan pelaksanaan Instruksi Gubernur (Ingub) nomor 33 tahun 2021 tentang pengawasan dan pengendalian mobilitas warga usai mudik libur Lebaran 2021.

"Dari kelurahan tentunya membantu untuk memutus mata rantai, dengan mendata seluruh RW, di mana jika ada pemudik kita ambil langkah-langkah. Pertama kita bawa ke lokasi-lokasi antigen. Jika ada yang positif maka kita minta isolasi mandiri," ujar Etik di halaman Polsek Tanah Abang, Kamis (20/4).

Kemudian Ety melanjutkan, jika ada warga yang memiliki keterbatasan, pihaknya akan melakukan jemput bola dengan cara door to door ke RT/RW.

"Kita membuat surat edaran, untuk RT/ RW mendata seluruh pemudik, setelah data masuk kita langsung turun ke lapangan. Tujuannya tentu agar masyarakat sehat," paparnya.

Senada dengan Lurah Kampung Bali, Kapolsek Tanah Abang Kompol Singgih Hermawan menerangkan, bersama tiga pilar sepakat untuk melaksanakan Ingub terkait pemudik yang pulang ke DKI.

"Kita laksanakan pasang stiker dan tes antigen untuk mengetahui apakah yang bersangkutan terpapar Covid-19 atau tidak. Sehingga kita bisa memutus rantai penyebarannya," ungkap Singgih.

Sementara untuk kuota tes antigen sendiri, lanjutnya, Polsek Tanah Abang menyiapkan ratusan paket tes antigen, dan akan bertambah menyesuaikan dengan kondisi di lapangan.

"Kuota disiapkan 200, kalau memang kurang kita akan koordinasi dengan Puskesmas kecamatan atau kelurahan untuk penambahan," tutupnya. (As)

 

Kominfotik JP/ FP