Puskesmas Kecamatan Senen Juara 3 Inovasi Health Care

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma memberikan sambutan secara virtual dalam acara Indonesia Health care Innovation Award 2021. Foto: Ratu PKL

Puskesmas Kecamatan Senen, Jakarta Pusat (Jakpus) meraih Juara 3 dalam Indonesia Health Care Innovation dalam kategori inovasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma memberikan penghargaan setinggi-tingginya terhadap Puskesmas Kecamatan Senen atas diraihnya juara ketiga dalam Indonesia Health Care Innovation.

Menurutnya, dengan inovasi yang dibuat melalui Cek dan Sadari mobile dapat memberikan inspirasi bagi jajaran puskesmas lainnya untuk ikut mengimplementasikannya.

“Dengan adanya inovasi ini tentunya meningkatkan cakupan iva test dan kesadaran masyarakat untuk mencegah kanker serviks,” ungkapnya usai memberikan sambutan dalam acara Indonesia Health care Innovation Award 2021 secara virtual, di Ruang Rapat Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Kamis (25/11).

Di tempat yang sama, Kasudin Kesehatan Erizon mengungkapkan kebanggaannya. "Selama ini Puskesmas Kecamatan Senen banyak memiliki tenaga kesehatan berprestasi di samping adanya inovasi-inovasi yang diciptakan," katanya.

Sementara itu, Inovator dari Puskesmas Kecamatan Senen Pungki mengatakan, program Cegah Kanker Serviks (CEK) merupakan trobosan dari Puskesmas Kecamatan senen untuk meningkatkan cakupan deteksi dini kanker serviks.

“Mekanisme kerja aplikasi ini, kita melakukan pendataan wanita usia subur dari aplikasi maple-s, dari situ kita bisa menentukan lokasi prioritas wanita subur yang belum melakukan iva test. Kemudian kita datangi dengan sadari mobile untuk jemput bola,” tandasnya.