Ribuan PPKS Dijangkau Sudin Sosial Jakpus

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

PPKS dijaring petugas P3S Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Pusat. Foto: dok Zaki Ahmad Thohir

Ribuan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) berhasil dijaring petugas P3S Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Pusat sepanjang Januari hingga Juli 2021.

Kasudin Sosial Kota Administrasi Jakarta Pusat Ngapuli Perangin-Angin mengatakan, sepanjang Januari-Juli 2021 pihaknya gencar menggelar operasi penjangkauan PPKS di delapan kecamatan. Sebanyak 83 petugas P3S dikerahkan dalam setiap operasi.

"Anggota P3S dikerahkan di 16 titik pantau di antaranya, ruas jalan protokol, jembatan penyeberangan orang (JPO), kawasan perdagangan seperti, di Pasar Tanah Abang dan sebagainya," ujar Ngapuli Perangin-Angin, Selasa (24/8).

Ia mengungkapkan, penjangkauan PPKS juga menindaklanjuti pengaduan warga terkait keberadaan PPKS yang kerap meresahkan. Hasilnya, pihaknya  menjangkau sebanyak 1.235 PPKS selama periode itu.

"Ada tiga kategori PPKS terbanyak yang berhasil dijangkau yakni, 292 gelandangan, 153 orang terlantar, 144 pemulung. Serta yang paling sedikit yakni, satu manusia gerobak dan seorang difabel," paparnya.

Ngapuli juga menambahkan, PPKS yang terjaring operasi penjangkauan dibawa ke GOR Tanah Abang untuk menjalani swab tes guna memastikan tidak terpapar Covid-19.

"Jika hasil swab tes negatif, kami mengirim PPKS tersebut ke panti sosial untuk mengikuti pembinaan," imbuhnya.